2023-02-14 11:47:47

Gelar Karya -1- Project Pelajar Pancasila | Kearifan Lokal-Musik Rampak dan Batik

Gelar karya adalah bagian penting dari kegiatan belajar pada sekolah penggerak yang menerapkan kurikulum merdeka belajar (KMB). Gelar karya yang pertama diadakan pada 12 Oktober 2022 di aula indoor SMA Santo Bernardus. 

SMA Santo Bernardus telah menjadi sekolah penggerak yang menjalankan KMB. Tentunya, ini akan berpengaruh dalam dinamika kegiatan belajar mengajar. Pada KMB, sekolah diharapkan dapat mempersiapkan dan mengadakan kegiatan Project Pelajar Pancasila. Kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai Pancasila dan mengembangkan karakter serta kemampuan siswa-siswi. Di semester gasal, tahun pelajaran 2022/2023 sekolah memulai project yang pertama. Project pertama yang dipilih adalah siswa-siswi belajar tentang kearifan lokal. Salah satu kearifan lokal yang dikenal di Pekalongan adalah musik rampak dan kerajinan batik. 

Para siswa-siswi dari kelas X-XII mendapat kesempatan untuk memahami tentang kearifan lokal Batik dan Musik Rampak. Mereka masuk dalam 9 kelompok dan diacak sehingga akan ada kolaborasi antar masing-masing angkatan. Mereka diajak untuk berkunjung ke komunitas yang mengembangkan kesenian musik daerah dan juga melihat secara langsung proses membatik. Di museum batik, mereka dapat melihat beragam jenis batik dan belajar membuat batik cap dan tulis. Setelah itu, mereka ditugaskan untuk membuat suatu pageralaran karya. Mereka mengadakan koordinasi dan menentukan tampilan Sendratasik yang menceritakan sejarah awal mula kota Pekalongan. 

Persiapan sendratasik berlangsung selama 2 bulan. Ada kelompok tari, kelompok musik gamelan, band, dan angklung, kelompk paduan suara, dan kelompok membatik. Mereka melakukan latihan demi latihan dan juga membuat karya dalam 1 helai kain batik. Mereka berkoordinasi dalam satu kepanitiaan sehingga proses pelaksanaan nanti bisa berjalan dengan lancar. 

Setelah proses persiapan sendratasik, para siswa-siswi bergembira menyambut dan mementaskan di dalam Gelar Karya. Gelar karya dihadiri oleh para orang tua murid dan tamu dari pengawas Cabang XIII Dinas Pendidikan Jawa Tengah. Mereka menonton hasil karya sendratasik dengan paduan tarian, drama, musik gamelan-angklung dan band, serta paduan suara. Hasil karya batik pun juga dipamerkan dengan video proses pembuatannya hingga dipajang di gelar karya. 

Dengan acara gelar karya ini, para siswa-siswi belajar banyak hal untuk mempersiapkan tantangan di masa depan. Mereka harus berani berkreasi, bekerjasama dalam mengejar target terbaik dan memecahkan masalah yang muncul. Kami sungguh bangga dengan begitu banyak kearifan lokal dari budaya yang beragam di Indonesia, semoga kami dapat melestarikan budaya Indonesia dengan lebih inovatif dan mengikuti perubahan zaman. 

 

Kegiatan Lainnya

Info terbaru